Minggu, 13 Oktober 2013

Korupsi


Budaya Korupsi di Indonesia
Sungguh miris dengan budaya korupsi di negeri ini, dari kalangan bawah sampai kalangan atas rame-rame melakukan korupsi. Baru-baru ini ketua MK telah tertangkap melakukan korupsi padahal lembaga ini dulunya bersih dari korupsi.
Bukan kalangan atas yang korupsi bahkan kalangan bawah juga ikut korupsi. Ana pernah melihat seorang supir metromini yang tidak taat aturan menyogok petugas dishub. Sudah separah inikah korupsi di negeri ini?
Mental seorang koruptor sudah terlihat di kalangan rakyat jelata terutama para pedagang daging dan buah, mereka melakukan kecurangan dengan mengurangi timbangan. Belum lagi para pegawai negeri dan swasta mereka melakukan suap menyuap untuk mendapatkan pekerjaan.

Lalu sebenarnya apa penyebab budaya korupsi di negeri ini?
Jawabannaya adalah kerusakan akidah dan lemahnya iman. Banyak kaum muslimin yang lemah keyakinannya akan perjumpaan dengam Allah. Sehingga mereka lalai dan tidak takut melakukan korupsi. Seolah-olah perbuatan mereka tidak akan ditanya di hari
kiamat nanti.
Padahal Allah telah berfirman :
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
“Yang menguasai hari Pembalasan”. (Al Fatihah : 4)
Mayoritas kaum muslimin pasti hafal ayat ini karena selalu dibaca setiap sholat akan tetapi mereka tidak memahaminya. Mereka tidak merasa perbuatan mereka akan ditanya dan dibalas di hari kiamat nanti.







Korupsi atau rasuah (bahasa Latin: corruptio dari kata kerjacorrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok) adalah tindakan pejabat publik, baikpolitisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak,sungguh miris dengan budaya korupsi di negeri ini, dari kalangan bawah sampai kalangan atas rame-rame melakukan korupsi.
Korupsi sudah menjadi hal yang lumrah bagi setiap kalangan baru-baru ini ketua MK telah tertangkap melakukan korupsi padahal lembaga ini dulunya bersih dari korupsi. separah ini kah keadaan ekonomi di Indonesia sehingga hampir setiap kalangan melakukan tindak korupsi lalu bagaimana pencegahannya agar negeri ini besih dari tindak korupsi,siapakah yang dapat memberantas korupsi itu sendiri ? apakah ini yang akan turunkan kepada anak cucu kita budaya yang dapat merusak iman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar