1. Definii dan penjelasan teknik
masing-masing bentuk pemasaran ?
1.
Pemasaran
langsung merupakan komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik
secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan
pelanggan yang berlangsung lama. Di dalam pemasaran langsung biasanya
menggunakan saluran – saluran langsung ke konsumen (Consumer direct) untuk
menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan
perantara pemasaran.
2.
Multi
Level Marketing adalah strategi pemasaran dimana tenaga kerja (sales) tidak
hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga
atas penjualan yang mereka hsilkan, tetapi juga hasil penjualan sales lain yang
mereka rekrut.
Beberapa
contoh dari teknik pemasaran :
·
Memasarkan
Menggunakan Jaringan Yang Sudah Dimiliki
Memanfaatkan
segala yang Anda miliki adalah cara paling efektif dan efisien untuk memasarkan
bisnis di masa krisis ekonomi. Diskusikan langkah pemasaran yang mungkin bisa
menjadi potensi bagus dengan francishee, karena pemasaran membutuhkan kerjasama
dengan mereka. Dan buatlah daftar pelanggan yang potensial. Lakukan pemasaran
ini dengan alami, sehingga akan berhasil.
·
Ruang
Iklan di Gerai
Anda
bisa mendapatkan peluang iklan yang sangat besar dengan memanfaatkan
popularitas dan jumlah pengunjung di lokasi waralaba. Sekali lagi, buatlah
langkah yang menguntungkan dengan membaca peluang yang ada, dan perluas bisnis
Anda.
·
Jaringan
Membangun
jaringan masih menjadi solusi pemasaran yang penting. Seperti kata
pepatah,“Yang penting bukanlah apa yang Anda tahu, tapi siapa yang Anda tahu”.
Gunakan segala fasilitas yang ada untuk membangun dan memperluas jaringan.
Manfaatkan email dan media sosial seperti LinkedIn atau lainnya adalah strategi
yang terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan waralaba.
·
Media
Lokal
Pers
lokal merupakan salah satu langkah penting untuk bisnis. Dalam kondisi ekonomi
seperti ini, setiap peblikasi adanya bisnis baru akan menjadi berita bagus dan
dianggap sebagai langkah positif membangun perekonomian dan akan desambut
hangat oleh berbagai kelompok media. Pastikan bahwa Anda mengumumkan hal yang menarik dari
waralaba, dan tekankan bahwa bisnis waralaba Anda menguntungkan dan punya
dampak positif untuk pelanggan dan perekonomian penduduk lokal.
·
Media
Nasional
Jika
Anda punya relasi dan sarana, pers nasional akan membuat bisnis waralaba Anda
akan terekspos secara luas, namun biasanya hanya waralaba besar yang mampu
memanfaatkan peluang ini. Salah satu contoh inovatif untuk kasus ini, 10 dari 2
perusahaan penyedia lowongan kerja paruh waktu, mampu menarik perhatian
penduduk nasional, dimana mereka menyediakan pekerjaan paruh waktu untuk
orang-orang yang harus menghidupi keluarganya tetapi tidak punya waktu bekerja
sehari penuh.
·
Pemasaran
Lewat Internet
Internet
merupakan sarana yang kuat untuk memasarkan waralaba Anda. Kenyataanya, saat
ini memang banyak bisnis waralaba yang membuat website dan terus memperbaiki
strategi pemasaran online mereka. Salah satu cara yang banyak diminati untuk
pemasaran online ini adalah memanfaatkan system Pay-Per-Click, karena system
ini menggunakan mesin pencari yang tervavorit seperti Google, Yahoo!, MSN, dll.
Saat ini ada satu sotware yang dapat membantu pemasaran waralaba melalui
internet, yaitu ElementLocal, yang diklaim mampu mengurangi biaya PPC dan
melindungi merek.
·
Portal
Website
Portal
website menyajikan informasi dari berbagai sumber yang disatukan, cara ini
lebih efisien dan dapat memenuhi apa yang Anda inginkan. Portal website seperti
Franchise Gator atau Matchpoint menyediakan berbagai informasi waralaba
potensial dan segala peluang yang ada. Sistem ini memang dirancang untuk
pemilik waralaba, dan mengatasi malasah pemasaran.
·
Ikut
Pameran
Sebuah
acara pameran adalah cara terbaik bagi calon atau pemilik bisnis waralaba untuk
belajar mengenai industri yang digeluti melalui interaksi tatap muka dengan pemilik waralaba lain. Pameran juga
merupakan peluang besar bagi para pemilik waralaba untuk mempromosikan merek
dan produk, mengenalkan produk baru, dan meningkatkan penjualan.
2. Keunggulan dan kelemahan
masing-masing bentuk pemasaran ?
Kelebihan pemasaran online adalah
:
·
Buka
24 jam.
Sebuah
toko fisik atau konvensional biasanya hanya buka beberapa jam saja misalkan
dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam, di luar jam itu pembeli yang ingin
melakukan transaksi tidak bisa terlayani lagi. dengan menggunakan toko online
hal itu bisa teratasi. Sebuah toko online mampu menggelar dagangan 24 jam
penuh.
·
Easier
and faster to find anything.
Proses
mencari barang dapat dilakukan secepat kilat dari manampun asal tersedia
koneksi internet, dan dapat dilakukan dari mana saja.
· Proses
pembadingan harga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat tinggal membuka
beberapa toko online dibandingkan harus mendatangi toko konvensional satu
persatu.
·
Low
investment.
Untuk
mempunyai toko online biasanya modal yang diperlukan sangatlah jauh daripada
kita harus membuka toko konfensional. Hanya perlu domain dan hosting. tanpa
perlu menyewa tempat (seperti toko konvensional). Tanpa perlu untuk meng-hire /
membayar karyawan. Dan asiknya lagi tanpa harus mempunyai barang yang dijual
atau ditawarkan. Selain kelebihan, berikut ada kelemahan yang bisa jadikan
acuan untuk mengembangkan bisnis Anda.
3. Berikan contoh-contoh usaha
barang dan jasa yang sukses dari bentuk-bentuk pemasaran ?
· Bob Sadino
· Bob Sadino
Mendiang Bambang Mustari Sadino alias Bob Sadino
adalah salah satu contoh pengusaha sukses yang sebelumnya pontang-panting
ketika merintis bisnis. Sempat menjadi karyawan perusahaan berstatus badan
usaha milik negara selama 9 tahun, Bob memutuskan keluar dari pekerjaan itu dan
menjadi pengusaha. Tapi usahanya tak langsung sukses. Bisnis sewa mobil yang
ditekuninya mandek. Dia terlibat kecelakaan ketika menyopiri mobil
Mercedes-Benz yang dia sewakan, sehingga tak bisa melanjutkan usaha itu.
Bob kemudian menjadi buruh bangunan dengan upah
harian. Tapi saat itu dia melihat ceruk bisnis lain: peternakan ayam. Akhirnya,
dengan modal pinjaman dari tetangganya yang merupakan purnawirawan militer yang
tertarik dengan bisnis peternakan, Bob memulai usaha berdagang telur negeri.
Bob memasarkan sendiri telurnya dari rumah ke rumah
para ekspatriat di sekitar tempat tinggalnya di Kemang, Jakarta Selatan.
Akhirnya, berkat keuletannya, usahanya sukses dan dia mendirikan Kem-Chicks,
supermarket terkenal yang menjual beragam produk pertanian dan peternakan.
·
Toko bahan
bangunan dengan teknik pemasaran langsung dimana pemilik toko dengan konsumen
berkomunikasi secara langsung.
·
Toko buku
dan perlengkapan sekolah sama dengan hal nya toko bahan bangunan proses pemasaran toko perlengkapan sekolah dilakukan secara langsung dimana pegawai
toko secara langsung melayani pembeli yang mendatanggi toko tersebut.
·
Pengecer dan
grosir tidak berbeda dengan kedua toko di atas pengecer dan grosir biasanya melakukan pemasaran dengan melakukan pemasarasan langsung.
· Dealer motor
sedikit berbeda mengapa demikian sudah banyak dealer motor atau dealer kendaraan lain yang melakukan pemasaran langsung dan tak langsung jadi bisa
dikatakan untuk dealer motor dan toko sejenisnya melakukan dua strategi pemasaran secara langsung guna meningkatkan
profit toko tersebut.
Contoh perusahaan jasa :
·
Jasa
bengkel/ service kendaraan
· Transportasi
· Telekomunikasi
· Salon
· Persewaan/ rental mobil, computer dan lain-lain
· Jasa pengacara
· Notaris
· Konsultan teknik, akuntansi, management
· Transportasi
· Telekomunikasi
· Salon
· Persewaan/ rental mobil, computer dan lain-lain
· Jasa pengacara
· Notaris
· Konsultan teknik, akuntansi, management
Sama halnya dengan perusahaan
dibidang jasa dengan meningkatnya teknologi yang ada perusahaan jasa lebih
mengedepan dua strategi pemasaran yaitu langsung dan tidak langsung guna untuk
menghemat biaya pemasaran dan tidak sedikit dari beberapa perusahaan jasa
mengkombinasi dua cara tersebut pada saat pelaksaaan dilapangan atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar